daftar public DNS server terbaik dan gratis

5 Situs Public DNS Server Gratis Terbaik Selain Google DNS

Posted on

5 Situs Public DNS Server Gratis Terbaik Selain Google DNS menurut www.Pink-Cupcake.com ~ Semua kejadian ini bermula ketika tadi malam mami tidak bisa mengakses internet, ada tulisan di browser chrome yang biasa mami pakai buat browsing tertulis

DNS probe finished, no internet connection…. ”

Coba-coba dulu nge-reset router wifi mami yang agak jadul…siapa tau problemnya ada disitu. Setelah menunggu sekian lama…mami refresh lagi browsernya….Ehhh….masih sama keluar tulisan itu!. Ajaibnya…mami cek koneksi wifi yang terhubung di HP sendiri dan punya anak mami…,ternyata lancar jaya!. Gak ada keanehan, buat browsing sama nonton youtube di HP normal-normal aja.

Hampir semua cara sudah mami coba..,mulai dari mencopot sambungan LAN dan mami ganti dengan USB receiver, ganti browser ke firefox…problem yang keluar masih sama. Akhirnya setelah browsing kesana-kemari…problem yang bermasalah ternyata pada DNS yang ada di komputer.

Masalah yang sangat simple sebenarnya, tapi berhubung mami orang gaptek…ya tetep aja bingung :D.

Situs Penyedia Layanan Public DNS Server Gratis dan Terbaik

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menerjemahkan nama domain yang kita masukkan di browser ke alamat IP yang diperlukan untuk mengakses situs tersebut.

ISP (Internet Service Provider) kita akan menugaskan server DNS setiap kali kita terhubung ke internet, tetapi ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Server DNS yang lambat dapat menyebabkan jeda sebelum situs web mulai dimuat, dan jika server kita terkadang turun, Anda mungkin tidak dapat mengakses situs apa pun sama sekali.

Nah…dengan mengubah ke server DNS publik gratis ini dapat membuat perbedaan yang nyata lho…, dengan akses internet yang lebih responsif dan catatan waktu aktif 100% yang berarti jauh lebih sedikit kemungkinan masalah teknis akibat lemotnya server DNS default yang ada di PC kita 🙂

Beberapa layanan public DNS server juga dapat memblokir akses ke stus phishing atau situs yang terinfeksi, dan beberapa menawarkan pemfilteran konten untuk menjauhkan anak-anak kita agar tidak dapat mengakses situs tersebut.

Kita harus memilih layanan dengan hati-hati karena tidak semua penyedia layanan public DNS server gratis menjamin akan lebih baik dari ISP kita saat ini , tetapi mami akan berusaha untuk membantu memilihkan public DNS server terbaik dan tentunya juga gratis…hehehehe 😀

Daftar Public DNS Server Terbaik dan Gratis

1. OpenDNS

  • Primary      : 208.67.222.222
  • Secondary : 208.67.220.220

Dns gratis dan terbaik dari opendns

Didirikan pada tahun 2005 dan sekarang dimiliki oleh Cisco, OpenDNS adalah salah satu nama terbesar yang menawarkan DNS publik secara cepat dan gratis.

Layanan gratis dari OpenDNS ini menawarkan banyak manfaat: kecepatan tinggi, uptime 100%, situs phishing yang diblokir secara default, filter web tipe kontrol bagi orangtua (opsional) untuk memblokir situs web berdasarkan jenis konten, dan kalau gak salah juga…memberikan dukungan email gratis lho..

OpenDNS juga menawarkan layanan berbayar yang memungkinkan kita melihat melihat riwayat aktivitas internet hingga setahun lalu, dan dapat secara opsional mengunci sistem kita dengan mengizinkan akses ke situs web tertentu saja. Ini tidak akan menjadi fitur wajib bagi kita, tetapi jika anda tertarik, cukup merogoh kocek sekitar $ 20 ( Rp.170.000 ) untuk setahun….cukup murah dan terjangkau kan..? 🙂

Jika anda suka bergonta-ganti (swapping DNS), anda dapat segera memulai dengan mengkonfigurasi ulang perangkat Anda untuk menggunakan server nama OpenDNS.

Jika anda seorang pemula…seperti mami ini, tidak apa-apa juga, karena OpenDNS memiliki instruksi penyetelan untuk PC, Mac, perangkat seluler, router, dan masih banyak lagi. Untuk konfigurasi dan setting lengkap cara menggunakan Open DNS bisa klik disini

Kelebihan OpenDNS :

  • Operator veteran
  • Situs-situs phishing sudah diblock secara default
  • Opsi untuk memfilter website dan konten yang diijinkan
  • Gratis dan juga ada yang berbayar

2. CLoudflare DNS

  • Primary DNS      : 1.1.1.1
  • Secondary DNS : 1.0.0.1

Dns gratis dan tercepat dari cloudflare

Siapa yang tidak kenal dengan namanya Cloudflare ?, Perusahaan paling dikenal yang memiliki jaringan terluas dan terbanyak untuk pengiriman konten dengan peringkat teratas, Cloudflare telah memperluas jangkauannya untuk menyertakan layanan public DNS baru, yang bernama 1.1.1.1.

Salah satu kekurangan yang ada pada cloudflare public dns adalah tidak adanya filter untuk situs-situs scam dan phishing, sehingga kita harus pintar-pintar untuk memblokir dan memfilter secara manual situs-situs tersebut.

Bagi mami juga tidak menjadi masalah, karena saat ini secara default browser sudah menyertakan fitur dan filter seperti ini, jika masih kurang cukup…kita cukup menginstall antivirus yang mempunyai fitur untuk mem-blok situs-situs semacam itu.

Sedang kelebihan dari dns public milik cloudflare adalah banyaknya server dan jaringan yang hampir ada disetiap negara, sehigga tidak salah kalau cloudflare menjadi penyedia layanan public dns gratis yang tercepat.

Kekurangan :

  • Tidak adanya setting untuk memfilter kategori situs scam dan phishing
  • Log browsing dan query search kita dihapus setiap 24 jam secara otomatis

Kelebihan :

  • Public DNS gratis dan tercepat saat ini
  • Mengutamakan privacy penggunanya
  • Tersedia layanan support dan juga forum bagi penggunanya
  • Gratis dan juga ada yang berbayar bagi yang menginginkan keamanan dan privacy yang lebih tinggi

3. Norton ConnectSafe

  • Primary     : 199.85.126.10
  • Secondary : 199.85.127.10

Dns server gratis dari norton connectsafe

 

Siapa yang tidak kenal dengan Norton ?, selain terkenal dengan software antivirus yang mumpuni…perusahaan ini ternyata juga memberikan Public DNS server secara gratis yang dapat digunakan untuk umum lho..

Norton ConnectSafe adalah layanan public DNS gratis yang dapat secara otomatis memblokir akses ke situs web penipuan, phishing, dan malware, serta situs yang difilter berdasarkan konten.

Beberapa publik dns yang sudah dikenal seperti OpenDNS dan Comodo, melakukan banyak hal yang sama – tetapi ConnectSafe memiliki satu kelebihan dibanding kompetitor lainnnya. Ia mengambil data dari Norton Safe Web, basis data yang komprehensif di lebih dari 50 juta situs web dalam 23 bahasa. Keamanan plus yang utama Layanan ini memberikan kemungkinan kinerja pemfilteran web terbaik, dan kemampuan untuk mendapatkannya secara gratis, tanpa harus menginstal perangkat lunak apa pun.

Bagi yang menginginkan Keamanan dengan hanya memblokir situs web jahat dan penipuan, dapat menggunakan server dengan list: 199.85.126.10 dan 199.85.127.10.

Bagi yang menginginkan Keamanan dan memblokir situs Pornografi dapat menggunakan server dengan list: 199.85.126.20 dan 199.85.127.20.

Bagi yang menginginkan Keamanan dan memblokir situs-situs yang menampilkan konten dewasa, aborsi, alkohol, kejahatan, kultus, narkoba, perjudian, kebencian, orientasi seksual, bunuh diri, tembakau atau kekerasan’ dapat menggunakan server dengan list: 199.85.126.30 dan 199.85.127.30.

Kelebihan DNS Norton Connectsafe :

  • Public DNS server gratis dan teraman saat ini
  • Terdapat tiga pilihan DNS yang dapat dipilih menurut kebutuhan penggunanya
  • Gratis dan juga tersedia layanan berbayar

Kekurangan DNS Norton Connectsafe: 

  • Tutorial setting yang standart menurut mami…jadi kalau ada kesulitan, silahkan googling sendiri yah… 😛

4. Comodo Secure DNS

  • Primary     : 8.26.56.26
  • Secondary : 8.20.247.20

dns server gratis dari comodo

Comodo Group adalah kekuatan di balik sejumlah produk dan software dengan keamanan yang luar biasa, jadi tidak mengherankan bahwa perusahaan ini juga menawarkan layanan DNS publik sendiri.

Comodo Secure DNS memiliki fokus yang kuat pada keamanan. Tidak hanya memblokir situs phishing, tetapi juga memperingatkan jika Anda mencoba mengunjungi situs dengan malware, spyware, bahkan domain terparkir yang mungkin membebani Anda dengan iklan (pop-up, pop-under dan banyak lagi).

Comodo mengklaim layanannya lebih pintar dari rata-rata, juga mendeteksi upaya untuk mengunjungi domain terparkir atau ‘tidak digunakan’ dan secara otomatis meneruskan Anda ke tempat yang benar-benar Anda inginkan.

Kinerja adalah kunci, tentu saja, dan perusahaan menyarankan jaringan servernya di seluruh dunia dan teknologi smart routing memberikannya keuntungan. Statistik Comodo DNSPerf kurang mengesankan, sayangnya. Saat mami menulis, DNSPerf melaporkan waktu kueri rata-rata sekitar 82ms, memberi peringkat kesembilan dari sepuluh layanan yang tercepat saat ini.

Namun demikian, Comodo mungkin masih menarik dijadikan pilihan jika anda mencari lapisan tambahan pemfilteran web, dan situs web dukungan memiliki beberapa petunjuk singkat namun bermanfaat tentang pengaturan layanan pada Windows PC, Mac, router, dan Chromebook.

Kelebihan Comodo Secure DNS :

  • Fokus pada Keamanan penggunanya
  • Menangani secara otomatis domain parkir dan mengalihkan ke situs yang aman
  • Gratis tapi ada juga yang berbayar

Kekurangan Comodo Secure DNS :

  • Menurut mami termasuk lemot diantara yang lainnya

5. Quad9

  • DNS utama : 9.9.9.9
  • DNS kedua : 149.112.112.112

Dns gratis dan terbaik dari quad9

 

Mungkin masihbelum banyak yang mengenal nama Quad9 karena masih baru karena perusahaan ini juga baru berdiri sejak bulan agustus 2016.

Kelebihan Quad9 sendiri adalah pada kemampuannya untuk memblokir domain jahat, termasuk situs yang mami tulis sebelumnya diatas. Walaupun masuk dalam pendatang terbaru di free public dns, quad9 sudah mampu membuktikan kecepatan dan kualitasnya dengan mendapat peringkat ketiga sebagai DNS publik gratis tercepat, dibawah cloudflare dan OpenDNS dan mengungguli comodo dan norton.

Kelebihan Quad9 :

  • Secara otomatis memblokir domain-domain mencurigakan dan berbahaya yang dianggap mengancam pc kita
  • Kecepatan akses menempati nomer 3
  • gratis

Kekurangan Quad9 :

  • Tutorial setting DNS terbatas
  • Hanya tersedia pada PC berbasis Windows dan MacOS
  • Tidak ada forum abgi penggunanya

Tutorial Cara Mengganti DNS Pada Komputer Windows

Tidak lengkap rasanya kalau mami sudah memberikan penjelasan singkat tentang berbagai macam DNS Server Publik gratis kalau tidak tau cara menggantinya. Berhubung mami menggunakan komputer windows, jadi harap dimaklumi kalau tutorial cara menganti DNS pada PC ini sebatas pada pembaca yang memakai OS Windows saja ya….,kalau yang pakai MacOS, Linux,Ubuntu dan lain-lainnya..bisa googling sendiri :p

Berikut cara merubah DNS di Komputer windows, mami sertai dengan screenshoot biar lebih mudah :

1.  Arahkan mouse pojok kanan bawah, pada icon koneksi kompter kita ( LAN atau Wifi ) —> klik kanan —> klik Open Network dan sharing Center

Tutorial Cara mengganti dns di komputer windows part 1

2. Setelah tab Network dan Sharing Center terbuka, klik change adapter setting  yang ada di pojok kiri atas

Tutorial Cara mengganti dns di komputer windows part 2

3. Klik kanan pada sambungan internet yang kita gunakan —-> klik kanan —-> klik properties

Tutorial Cara mengganti dns di komputer windows part 3

4. Setelah tab properties terbuka —> klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) —-> klik Properties sekali lagi

Tutorial Cara mengganti dns di komputer windows 4

5. Pada tahapan ini, silahkan isi DNS server sesuai dengan yang kita kehendaki. Bisa menggunakan daftar DNS server publik gratis yang sudah mami tulis diatas, atau bisa juga menggunakan DNS milik google seperti mami, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian klik OK

Tutorial cara setting dns server di komputer windows part 5

 

Cara Membersihkan Cache DNS pada Windows Dengan FlushDns melalui CMD

Sampai tahap ini kita sudah tinggal selangkah lagi, yaitu dengan membersihkan cache pada DNS server yang lama pada komputer windows kita dan menggantinya dengan yang baru kita isi tadi.

1. Arahkan mouse pada icon start menu windows yang ada di pojok kiri bawah monitor kita —-> pada kolom “Search Programs and Files” —-> ketik “CMD” dan tekan enter.

Cara flush dns komputer pada windows

2. Maka akan terbuka pop-up dengan background layar berwarna hitam yang menandakan kita masuk kedalam system windows melalui command prompt (CMD).

Ketikkan kata berikut ini :

ipconfig /flushdns

Kemudian tekan enter, maka jika berhasil akan tertulis Successfully flushed the DNS Resolver Cache, seperti gambar dibawah ini:

Tutorial cara flush dns komputer pada windows

 

Nah… sekarang DNS server pada komputer kita telah berganti sesuai dengan yang telah kita pilih tadi. Biar lebih sip lagi…mami sarankan untuk merestart komputer kita lagi agar lebih fresh. Dengan cara itu, akhirnya koneksi internet di komputer mami berjalan dengan lancar lagi :).

Kalau ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial cara mengganti DNS di komputer windows menggunakan daftar “5 Situs public DNS server gratis dan terbaik” yang telah mami tulis diatas, silahkan isi di kolom komentar dibawah ya… 🙂

Gravatar Image
Halooo....Bunda Wiwin disini :). Menulis adalah hobi bunda, disamping harus mengurus 2 orang anak dan seorang suami. Sebisa mungkin bunda akan mengupdate blog ini tiap hari ( kalau gak repot )...keep in touch ya...dan jangan lupa like , comment dan juga subscribe blog ini...Thank you...:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *